Selasa, 12 Juni 2012

Pantai


Pantai adalah tempat bertemunya daratan dan lautan. Pada waktu – waktu tertentu, permukaan laut naik (terjadi pasang naik) dan permukaan laut turun (terjadi pasang surut). Bagian lahan yang terdapat di antara batas pasang naik dan pasang surut disebut pantai (shore). Berikut dijelaskan beberapa jenis pantai.


  •    Pantai Estuaria
Pantai estuaria adalah pantai yang berbentuk corong karena pemerosotan daratan rendah dekat pantai. Contoh : pantai estuaria di timur Inggris dan pantai timur Sumatera.


  •    Pantai Dalmatia
Pantai Dalmatia adalah pantai yang terjadi karena barisan – barisan pegunungan yang terletak paralel mengalami pemerosotan. Contoh : Pantai Dalmatia di Laut Adriatik

  •    Pantai Ria
Pantai Ria adalah pantai yang terjadi karena daerah tanah tinggi yang berbatasan dengan pantai mengalami pemerosotan. Contoh : Pantai Ria di barat Laut Spanyol dan barat daya Irlandia.


Selain ketiga jenis pantai tersebut, menurut kecuraman daratan pantainya, ada pantai curam dan ada pantai landai. Contoh pantai curam ialah Pantai Parangtritis (Yogyakarta) dan contoh pantai landai ialah Pantai Kuta (Bali)

Sumber : IPS Terpadu, 1B Semester 2
Penyusun Tim Abdi Guru
Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar